August 10, 2022
Toll Free: 0800-123-456
alur-proses-seleksi-judul-skripsi

Ketika anda mengajukan judul skripsi di lingkungan STAI Darul Ulum Kandangan, ada beberapa proses yang harus dilewati sehingga apabila anda telah lulus mata kuliah metode penelitian, maka segeralah untuk mengajukan judul skripsi anda di simado. Berikut adalah tahapannya:

1. Mata Kuliah Metode Penelitian

    Mata kuliah ini sebagai prasyarat untuk mengajukan judul skripsi, sehingga apabila anda belum lulus mata kuliah ini, judul anda tidak dapat diterima karena belum memenuhi syarat.

2. Permasalahan dalam Penelitian

    Hal yang terutama dalam pengajuan judul skripsi adalah permasalahan penelitian. Permasalahan penelitian akan mengarahkan kemana penelitian anda nantinya dan sebagai dasar apakah permasalahan yang anda ajukan layak atau tidak untuk diteliti.

3. Isi Formulir Pendaftaran Judul Skripsi

    Silahkan isi formulir pendaftaran judul skripsi yang disediakan oleh P3I yang memuat identitas, judul, latar belakang masalah, dst) di sini FORMULIR PENDAFTARAN JUDUL SKRIPSI

4. Konsultasikan kepada Dosen Penasehat 

    Setelah anda mengisi formulir tersebut dengan seksama, kemudian konsultasikan kepada dosen penasehat anda, dan apabila dosen penasehat anda menyetujui dan memberikan tanda tangan sebagai persetujuan kepada judul yang akan anda angkat tersebut, silahkan ajukan ke Sistem Informasi Mahasiswa dan Dosen (SIMADO). Bila anda belum punya akun simado silahkan hubungi admin simado di 085753124999.

5. Informasikan kepada Dosen Penasehat 

     Informasikan kepada dosen penasehat anda bahwa anda telah mengirimkan pengajuan judul skripsi disimado dan mohon agar di approve oleh dosen penasehat agar pengajuan tersebut masuk ke akun simado Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah (P3I) STAI Darul Ulum Kandangan.

6. Proses Input Data

    Setelah judul skripsi anda masuk ke akun P3I,  semua data (nama, nim, judul, penelitian sejenis dan lain-lain) di kelompokkan sesuai dengan prodi masing-masing serta mengunduh semua formulir pendaftaran judul skripsi mahasiswa dan dikelompokkan juga sesuai dengan prodi masing-masing. Setelah diketahui jumlah judul skripsi yang masuk, maka dibuatlah tim seleksi judul yang nantinya bertugas untuk menelaah semua judul skripsi yang masuk.

7. Telaah Tim Seleksi Judul Skripsi

    Tahap selanjutnya adalah tim seleksi judul menelaah semua judul skripsi yang masuk di P3I. Waktu telaah berkisar 7-15 hari tergantung pada berapa banyaknya judul yang masuk. Setiap anggota tim akan memberikan masukan apakah judul tersebut dapat diterima atau ditolak atau diberikan rekomendasi/ perbaikan yang ditulis dalam formulir khusus yang dibagikan oleh P3I.

8. Pembahasan Judul oleh Tim Seleksi Judul

    Setelah masa telaah berakhir, P3I akan membuat agenda pertemuan/ rapat pembahasan judul skripsi untuk mendapatkan kesepakatan dalam tim, apakah judul dapat diterima atau ditolak. Pembahasan ini dilaksanakan dalam satu atau dua hari.

9. Pengumuman Hasil Seleksi Judul

    Setelah pembahasan semua judul skripsi mahasiswa selesai dilaksanakan, maka akan diumumkan hasil seleksi judul skripsi tersebut dengan keterangan diterima (diterima tanpa ada perubahan), diterima dengan perbaikan (diterima dan diperbaiki sesuai dengan keterangan yang diberikan), ditolak (harus mencari judul yang baru dan mengajukan kembali dilain waktu di simado), menghadap tim (maka segera menemui tim seleksi judul yang tertera di keterangan, dan setelah menghadap tim agar segera melaporkan hasilnya ke P3I apakah judul tersebut diterima dengan perbaikan atau ditolak), untuk pengumuman hasil seleksi judul bisa dilihat di : PENGUMUMAN HASIL SELEKSI JUDUL SKRIPSI STAI DU

10. Pembuatan SK Pembimbing Skripsi

    Tahap selanjutnya adalah pembuatan SK pembimbing skripsi oleh masing-masing program studi, silahkan anda hubungi ketua prodi untuk mendapatkan SK pembimbing skripsi. Setelah itu silahkan serahkan SK pembimbing tersebut kepada nama pembimbing yang termuat pada SK tersebut untuk mendapatkan bimbingan skripsi.

11. Seminar Proposal Skripsi

    Setelah beberapa kali mendapatkan bimbingan, dan pembimbing telah memberikan persetujuan untuk mengikuti seminar proposal skripsi, maka daftarkanlah diri anda untuk mengikuti seminar proposal, lebih lengkapnya silahkan baca di SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI STAI DARUL ULUM KANDANGAN

Apabila ada hal yang tidak dipahami, silahkan hubungi Mr. Pras di WA 0831-2862-2212

Terima Kasih

Tags:

Leave a Reply