August 10, 2022
Toll Free: 0800-123-456
tips-pengajuan-judul-skripsi

Tips Pengajuan Judul Skripsi dan Aduan Judul Skripsi (bagi yang ditolak lebih dari 3 kali)

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika anda ingin judul skripsi anda diterima oleh tim seleksi judul skripsi STAI Darul Ulum Kandangan:

  1. Telah Lulus Mata Kuliah Metode Penelitian

Pada semester 5 (lima) atau 6 (enam) anda akan mengambil mata kuliah metode penelitian, ini sebagai pra-syarat untuk mengajukan judul, karena tanpa belajar metode penelitian anda akan kesulitan untuk melakukan peneltian itu sendiri, jadi bila anda sedang mengambil mata kuliah metode penelitian, maka itulah kesempatan anda untuk mempersiapkan judul untuk diajukan dikemudian hari ketika anda telah lulus mata kuliah metode penelitian, anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan dosen anda mengenai judul yang akan anda angkat nantinya.

  1. Temukan Permasalahan

Hal yang terpenting ketika anda mengajukan judul adalah anda menemukan masalah yang sangat perlu untuk diteliti. Karena tidak semua masalah perlu untuk diteliti, sebagai contoh: anda haus, maka perlu minum, maka itu bukan masalah dalam penelitian karena sudah ada jawaban untuk permasalahan tersebut. Masalah penelitian adalah adanya celah/ kesenjangan antara hal yang seharusnya dengan kenyataan yang ada. Anda harus benar-benar jeli dalam melihat permasalahan yang ada sesuai dengan bidang studi anda. Dan anda harus menjelaskan permasalahan tersebut di latar belakang masalah di formulir pengajuan judul. Banyak sekali mahasiswa yang mengajukan judul tanpa menjelaskan mengapa judul tersebut perlu/layak untuk diteliti. 

  1. Kesesuaian Masalah dengan Program Studi

Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah apakah judul/ permasalahan yang anda ajukan sesuai dengan prodi anda, anda harus mengetahui ruang lingkup penelitian dari prodi anda, jangan sampai salah kamar. Sebagai contoh: anda adalah mahasiswa prodi PAI, maka yang judul anda harus berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam bukan mengenai Dakwah Islam, dan bila anda mahasiswa HKI, maka judul anda harus dalam ruang lingkup Hukum Keluarga Islam, bukan mengenai Ilmu Hukum dll.

  1. Belum Pernah Diteliti

Dalam melakukan peneltian, harus ada kebaharuan (novelty) yang akan anda angkat  dijudul anda. Apabila anda mengangkat judul yang sudah diteliti orang lain, maka penelitian anda tidak ada manfaatnya karena jawabannya sudah ada. Cara mengetahui apakah judul anda telah diteliti atau belum yaitu dengan browsing di internet / database penelitian di perpustakaan kampus mengenai judul anda. Kebanyakan mahasiswa hanya mengganti tempat penelitian saja dan tidak menampilkan kebaharuan dalam penelitian sehingga tim seleksi judul tidak segan untuk menolak judul yang anda ajukan. 

  1. Rajinlah Membaca Penelitian Orang Lain

Tidak dapat dipungkiri bahwa membaca adalah pintu untuk mendapatkan ide dalam melakukan penelitian. Bacalah penelitian orang lain seperti jurnal, artikel, skripsi, thesis, dissertasi dll sesuai dengan tema yang akan anda angkat baik secara online atau diperpustakaan. Bila mendapatkan hal yang baru atau yang penting segera catat dan jangan lupa untuk mencantumkan referensinya (baca cara sitasi karya orang lain) sehingga nanti anda mudah untuk mencarinya kembali dan juga dapat dicantumkan didalam penelitian anda.

  1. Jangan Copy Paste (plagiarisme)

Mengambil karya orang lain (copy paste) tanpa menyebutkan sumbernya adalah kejahatan dalam dunia akademik dan dapat dituntut pidana atau dapat dibatalkan gelar akademiknya. Ketika anda menulis, anda perlu berpikir dan menyampaikan/ menuangkan pikiran anda didalam tulisan anda, dan itulah proses panjang dalam penelitian. Anda boleh memakai ide orang lain dengan catatan anda menyampaikan ide tersebut dalam bahasa anda sendiri dan mencantumkan referensinya (sumbernya). Apabila anda mengambil hasil penelitian orang lain tanpa mencantumkan sumbernya maka anda adalah plagiat.

  1. Pahami Betul Penelitian Anda

Karena yang melakukan penelitian adalah anda sendiri, maka anda harus paham betul dengan permasalahan, metode penelitian yang akan dilakukan (kuantitatif, kualitatif, mix method), dan alur penelitian anda, sehingga hal tersebut akan menyakinkan dosen penasehat anda untuk menyetujui penelitian yang akan anda lakukan.

  1. Berdoa

Setelah anda berikhtiyar dan melakukan step-step seperti yang disampaikan sebelumnya, maka jangan lupa untuk berdoa agar judul yang anda ajukan dapat diterima oleh tim seleksi judul skripsi.

Apabila anda telah beberapa kali mengajukan judul dan selalu ditolak (lebih dari 3 kali ditolak), maka silahkan isi disini

ADUAN JUDUL SKRIPSI

Tags:

Leave a Reply